|

7 Tahap Cara Kerja Magnetic Toner

Magnetic Toner

Halo sobat Indocart.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mempelajari cara kerja Magnetic Toner dengan lebih detail. Yes. Memang teknikal, namun ini bisa membantu kamu memahami cara kerja printer yang biasa digunakan di rumah.

Secara sekilas, ada 7 Tahap Cara Kerja Magnetic Toner

Pertama, tahap Conditioning. 

Primary Charge Roller (PCR) mengalirkan muatan negatif ke permukaan OPC drum. Jumlah aliran negatif yang dialirkan bisa diatur melalui pengaturan printer.

Kedua, tahap Imaging. 

Sinar laser ditujukan ke Scanner/Rotating Mirror. Sembari kaca berputar, sinar laser akan direfleksikan ke lensa. Lalu, sinar tersebut menuju ke permukaan OPC dan meninggalkan gambar elektrostatik di drum. Di hampir semua Cartridge, OPC drum maksimal membuat 3 revolusi dengan masing-masing 11 inch di kertas yang telah di print.

Ketiga, tahap Developing. 

Tahap ini gambar di toner sedang dibuat oleh drum yang memuat partikel-partikel toner. Toner ini melekat ke magnetic roller. Jumlah muatan yang terdapat di drum dapat diatur oleh pengaturan printer. Hal ini akan berpengaruh kepada massa jenis hasil cetakan. Tegangan yang ada di PCR dan Magnetic Roller diatur melalui pengaturan intensitas printer. Jumlah tinta di Magnetic Roller diatur oleh karet Doctor Blade yang menggunakan tekanan untuk mengatur jumlah toner di Magnetic Roller secara konstan. Blade ini juga mengatur tegangan statis yang membantu transfer toner ke OPC drum menjadi lebih mudah.

Di waktu yang bersamaan, signal AC juga akan diletakkan di Magnetic Roller. Sinyal ini akan mengurangi atraksi toner ke Magnetic Roller, sehingga membantu memurnikan toner di sekitar drum yang tidak terekspos laser. Sinyal AC mampu meningkatkan massa jenis dan kontras toner di halaman printer. Sembari laser menyinari area di OPC drum , partikel toner menempel di permukaan drum oleh tegangan listrik yang berlawanan dari toner.

Keempat, tahap transfer.

Gambar toner yang kemudian ditransfer ke kertas setelah melewati drum melalui roller akan mengalirkan muatan positif di belakang kertas. Muatan positif ini mengakibatkan toner yang bermuatan negatif di permukaan drum menempel ke kertas. Diameter drum yang tipis ditambah dengan kekakuan kertas menyebabkan kertas tertarik dari drum.

Baca juga Elephant Foot dan Definisinya

Kelima, tahap pemisahan. 

Penghapus muatan statis melemahkan proses tarik-menarik antara drum yang bermuatan negatif dengan kertas yang bermuatan positif. Hal ini mencegah tinta keluar dari kertas di temperatur yang rendah dan lembab. Ini juga mencegah kertas tersumbat di drum.

Keenam, tahap fusing. 

Gambar kemudian dicetak ke kertas melalui roller bagian atas dan bawah. Kertas melewati bagian panas dari elemen fusing dan karet lembut roller yang menekan kertas ke bagian atas roller. Bagian atas yang panas menempelkan toner ke kertas. Mesin baru menggunakan penghangat keramik yang menggunakan energi yang lebih sedikit dan proses percetakan yang lebih cepat.

Ketujuh,tahap pembersihan drum. 

OPC Drum dibersihkan. Dalam tahap ini, 95% toner telah ditransfer ke kertas melalui proses percetakan. Ketika drum berputar saat percetakan, 5% toner dibersihkan dari drum melalui wiper blade. Lalu, sampah ini diarahkan ke tempat pembuangan sampah oleh recovery blade dan ditaruh di bagian pembuangan. Ketika proses printing telah beres, Primary Charge Roller (PCR) akan menaruh tegangan listrik AC ke permukaan drum yang menghapus sisa muatan di permukaan drum. Sekarang OPC Drum siap untuk dikondisikan oleh PCR melalui tegangan listrik negatif dan memulai proses pencetakan kembali.

Di sistem yang lama, PCR dan transfer roller akan diganti oleh kawat korona primer dan kawat transfer corona. Kabel ini melakukan hal yang sama, namun membutuhkan lebih banyak tenaga. Keuntungan dari sistem PCR, mereka beroperasi dengan tegangan lebih rendah dibanding sistem kabel Corona yang tidak menghasilkan ozon dan mengganti lampu yang sekarang dengan sistem printer laser yang lama.

Nah. Ini adalah cara kerja Magnetic Toner. Pantengin terus Blog Indocart, karena kita akan membahas cara kerja tipe-tipe printer 2D selanjutnya.

Indocart Store adalah one-stop solution untuk kebutuhan PT anda yang telah berdiri sejak tahun 2003. Produk yang disediakan Indocart terjamin dan bergaransi untuk memastikan kualitas printing kamu terjamin. Produk kami sudah terjual hampir 100.000 sejak kami membuka toko online kami. Dengan customer service kami yang nyaman dan ramah, kami memastikan printer kamu dapat dirawat dengan baik bersama kami.

Similar Posts