|

7 Tahap Proses Pencetakan Print yang sering kita tidak tahu

Proses pencetakan printer laser jet

Halo sobat Indocart. Seberapa sering sih kamu ngeprint, tetapi kamu tidak tahu tahap bagaimana proses pencetakan print terjadi? Tidak hanya kamu, banyak orang tidak tahu mengenai hal ini.

Di kesempatan kali ini, Indocart ingin membagikan informasi mengenai 7 Tahap Proses Pencetakan pada printing yang sering tidak kita ketahui.

Berikut tahap proses pencetakan print yang ada di printer laserjet :

Pertama, proses charging. Proses ini adalah pengisian daya Organic Photo Conductor (OPC Drum) oleh Primary Charge Roller (PCR). Aliran listrik dialirkan terus menerus dari PCR dan menghasilkan muatan negatif di permukaan drum yang terus berputar.

Kedua, tahap exposure. Sinar laser akan menyinari dari cartridge ke permukaan drum yang berisi muatan listrik. Sembari drum berputar, laser memindai drum dan memancarkan cahaya sesuai dengan pola gambar dan tulisan yang ingin dicetak. Proses ini menghasilkan muatan positif di permukaan drum.

Ketiga, tahap development. Di dalam printer, ada gap diantara Doctor Blade dan Magnetic Developer Roller (Mag Roller). Ketika toner ditarik ke mag roller, toner berkumpul di belakang doctor blade untuk melewati celah yang ada. Friksi yang terjadi disini menghasilkan muatan negatif di partikel-partikel toner. Hal ini dinamakan “triboelectric charge”

Baca juga Manfaat 3D Printer untuk Industri Kamu

Ketika toner dan mag roller bermuatan negatif, toner didorong untuk dimurnikan ke muatan positif yang ada di drum. Area yang bermuatan negatif juga memurnikan toner, sehingga meninggalkan gambar di drum yang dibersihkan melalui partikel toner. Proses ini terjadi di area cartridge yang dinamakan development zone.

Keempat, tahap transferring. Transfer roller yang membawa muatan positif terletak di printer dan bukan bagian dari Cartridge. Kertas akan melewati jalur diantara OPC drum dan roller. Gambar yang ada dengan tinta di permukaan drum akan mengarah ke kertas yang bergerak maju dari rotasi drum. Muatan positif hasil dari proses ini menarik toner yang bermuatan negatif, ditarik ke drum dan tercetak di kertas.

Kelima. tahap fusing. Kertas yang menempel dengan tinta gambar, lalu melewati transfer roller. Aliran panas akan dialirkan roller bagian atas, menggabungkan toner ke kertas, ketika roller bagian bawah menahan kertas, menanamkan toner ke kertas. Kertas akan mendingin ketika sudah melewati printer dengan gambar yang tercetak ke halaman.

Keenam, tahap cleaning. Sembari drum terus berputar, tinta dan bahan kertas lainnya akan terbuang oleh wiper blade. Recovery blade yang terletak di bagian pembuangan berfungsi sebagai penampungan tinta yang menampung sampah dari drum dan wiper blade. Recovery blade juga seringkali disebut sebagai “scavenger blade” atau “catcher”.

Ketujuh. Tahap Erasure. PCR menghapus sisa dari muatan positif dari OPC Drum dengan mengalirkan muatan negatif ke drum. Proses ini menghapus gambar dan memurnikan drum yang akan dialirkan laser kembali untuk dicetak dengan gambar selanjutnya.

Nah. Itu saja teman-teman 7 tahap proses pencetakan printer yang seringkali tidak kita ketahui. Untuk informasi mengenai printer, jangan lupa untuk kunjungi website Indocart ya.

Indocart Store adalah one-stop solution untuk kebutuhan PT anda yang telah berdiri sejak tahun 2003. Produk yang disediakan Indocart terjamin dan bergaransi untuk memastikan kualitas printing kamu terjamin. Produk kami sudah terjual hampir 100.000 sejak kami membuka toko online kami. Dengan customer service kami yang nyaman dan ramah, kami memastikan printer kamu dapat dirawat dengan baik bersama kami.

Similar Posts