Happy Father's Day Banner
|

Tips Cetak Foto Dengan Hasil Maksimal

Seringkali kita mengabadikan suatu moment penting hanya dengan foto dan disimpan dalam memori Handphone atau pada Camera. Tapi kita tidak tau apa yang akan terjadi jika saja foto-foto tersebut hilang. Tips Cetak Foto Dengan Hasil Maksimal

Alangkah lebih baik jika moment berharga tersebut juga diabadikan dengan mencetak dan dihiasi semenarik mungkin, hal ini akan lebih mempercantik album foto, ruang tamu atau dinding pada kamar. Tapi harus diperhatikan juga hasil cetak foto tersebut, jangan sampai cetak dengan kualitas rendah dan menggunakan kertas atau tinta yang tidak sesuai peruntukan.

Maka dari itu, IndoCart akan memberikan Tips Cetak Foto Dengan Hasil Maksimal, bagaimana agar cetak foto sebaik dan semenarik mungkin.

Pilih Ukuran Cetak Yang Sesuai :

Hal pertama yang penting untuk diperhatikan saat mencetak foto adalah dengan menentukan ukuran cetak yang harus disesuaikan dengan DPI. Sebab bagus atau tidaknya hasil cetak bisa bergantung pada ketepatan ukuran. Setidaknya kita memerlukan 200 DPI untuk menghasilkan kualitas cetak foto yang bisa diterima dan setidaknya 300 DPI untuk menghasilkan kualitas cetak yang bagus.

Memastikan Settingan Printer

Yang penting untuk diperhatikan saat mencetak foto adalah dengan menentukan ukuran cetak yang harus disesuaikan dengan DPI. Sebab bagus atau tidaknya hasil cetak bisa bergantung pada ketepatan ukuran. Setidaknya kita memerlukan 200 DPI untuk menghasilkan kualitas cetak foto yang bisa diterima dan setidaknya 300 DPI untuk menghasilkan kualitas cetak yang bagus.

Baca juga selengkapnya : Seputar Printer 2D: Printer Inkjet

Pilih Kertas yang Tepat

Kertas HVS atau Plain paper baik digunakan untuk mencetak teks dan untuk hasil cetak terbaik gunakanlah kertas foto (photo paper) yang dianjurkan oleh perusahaan pembuat printer. Gunakan kertas yang sesuai peruntukan. Contoh nya adakah Kertas Foto Paper,

Glossy Photo Paper A4 230g

Gunakan kertas Foto dari IndoCart.

Jenis Kertas Terbaik Untuk Cetak Foto

  • Kertas Glossy memiliki permukaan yang putih dan mengkilap.
  • Tersedia berbagai pilihan gramatur kertas mulai dari 115 Gram, 200 Gram, 220 Gram, dan 230 Gram.
  • Tersedia ukuran A4.
  • Isi per pack sebanyak 20 lembar.
  • Kertas Art Paper dapat diaplikasikan dengan Tinta Dye Based, Dye Based Anti UV, Pigment Durabrite dan lainnya. 

Gunakan Tinta Yang Tepat

Tidak semua tinta bisa menghasilkan cetakan yang bagus saat digunakan untuk mencetak foto. Kita membutuhkan formula yang tepat untuk mendapatkan cetakan foto yang sempurna, Hasil cetak dengan saturasi warna tinggi, tinta cepat kering. Menghasilkan cetakan teks yang jelas dan warna yang hidup untuk cetakan gambar.
Cocok untuk pencetakan cepat (high speed) dan berkelanjutan (continuous).

  • Diproduksi dalam lingkungan pabrik yang bebas debu (clean room) dengan standart ISO.
  • Tiga kali penyaringan ultra (nano partikel) untuk membersihkan tinta, menjamin tidak ada masalah penyumbatan pada nozzle.
  • Print head lebih bersih, lebih awet dan tahan lama.
  • Tidak mengandung bahan kimia berbahaya, tidak mencemari lingkungan.
  • Formula tinta dengan asam lemah, tidak mengakibatkan korosi.
  • Bisa di gunakan untuk Sablon Transfer paper, cetak sticker label.
  • Mencetak photo dengan gradasi yang tinggi, dan mendetail.
  • Pastikan setting printer ke Glossy photo/Matte dengan kualitas HD.
  • Bisa digunakan Untuk semua Epson Printer (Universal)

Memastikan Settingan Pada Printer

Periksa kembali settingan printer yang penting mulai dari ukuran kertas, jenis kertas yang dipilih, berapa banyak yang akan dicetak dan bagian-bagian mana saja. Juga pastikan kertas yang akan dicetak dalam posisi yang tepat agar tidak terjadi ketidakakuratan kualitas hasil cetak. Untuk mencetak foto gunakan settingam high

Rawat Printer Secara Berkala

Sebagai pengguna printer kita harus mampu merawat printer supaya tetap awet agar tidak memberatkan biaya mencetak kita. Karena tentunya kita tidak mau printer kita rusak karena hal yang sepele. Agar printer tetap awet, Berikut tips dan cara merawat printer supaya awet dan tahan lama.

Printer inkjet memiliki Nozzle cetak yang rewel yang sering tersumbat dan perlu dibersihkan. Setiap satu atau dua bulan akan sangat baik untuk melakukan ‘Print Head Cleaning’ dan mencetak ‘head alignment’ (biasanya tersedia di pilihan printer di Control Panel). Dan kita tidak boleh membiarkan printer kita sama sekali tidak digunakan dalam seminggu walaupun kita memiliki printer yang hanya digunakan untuk mencetak foto.

Gunakan nozzle head cleaning atau cairan khusus pembersih head pada printer, gunakan saja cairan nozzle IndoCart

  • Sudah termasuk syringe dan selang untuk sambungan ke print head.
  • Bisa digunakan pada type: WaterBased Ink Printhead
  • Membersihkan head printer/nozzle yang mampet atau buntu akibat tersumbat tinta yang mengering. Sering terjadi bila printer yang jarang digunakan.
  • Membersihkan dan merontokan tinta yang mengering. Plong lebih cepat tanpa merusak head printer/nozzle.
  • Bisa digunakan untuk head printer/nozzle dengan tinta apapun, termasuk pigment, art paper, sublim, DTG

Indocart Store adalah one-stop solution untuk kebutuhan printer dan 3D printer anda. Produk 3D printer yang disediakan Indocart dijamin bagus, bergaransi dan kompetitif di pasarnya. Berdiri sejak tahun 2003, produk kami sudah terjual lebih dari 100.000 unit sejak kami membuka toko online kami. Dengan customer service kami yang nyaman dan ramah, kami memastikan printer kamu dapat dirawat dengan baik bersama kami.

Similar Posts