|

Komponen dasar pada printer laserjet

Halo sobat Indocart. Printer kamu lagi Rusak? Atau, kamu ingin memperbaiki printer Laserjet kamu sendiri? Komponen utama apa saja yang ada pada printer laserjet?

Untuk memperbaiki printer, kamu perlu mengetahui komponen-komponen dalam printer Laserjet. Berikut Komponen Utama pada printer Laserjet :

Komponen Utama Printer Laserjet

  1. DC Control
Komponen Utama Printer Laserjet (DC Control)

Komponen ini bisa dikatakan komponen terpenting yang tertanam di dalam tubuh Printer Laserjet. Karena sumber listrik pada printer lewat melalui DC Control untuk diturunkan tegangannya.

2. Fuser Assy

Komponen Utama Printer Laserjet (Fuser Assy)

Tak kalah penting dari DC Control, Fuser Assy memiliki tugas yang amat sangat penting. Pada sebuah Printer Laser, Fuser adalah bagian dari setiap printer laser atau mesin fotokopi yang dapar membuat tinta toner menempel pada kertas. Fuser terdiri dari dua buah rol yang dipanaskan, dan seringkali merupakan penyebab utama dalam kerusakan printer Laser. Tapi tanpa Fuser, Tinta toner akan terus-menerus bernoda dan tampak kotor serta akan menjadi tak berarturan/sulit terbaca apabila tersentuh tangan kita.

3. Toner Cartridge

toner cartridge
Toner Cartridge TN1080

Komponen dasar pada printer laserjet selanjutnya ada toner cartridge , berfungsi sebagai penyimpan serbuk toner yang akan di transfer ke kertas sebagai hasil cetak. Tanpa toner cartridge kita tidak bisa melakukan print, karena tempat penampung toner pada printer laserjet ada disini.

4. Scanner

Scanner
Scanner

Lalu ada yang namanya Scanner, berfungsi untuk transfer hasil cetak ke Drum dalam bentuk sinar laser. Di dalam scanner ada berbagai macam part yang dibutuhkan seperti cermin 6 sisi, lensa akrilik , dan ada cermin yang berfungsi mengantarkan laser dari scanner ke OPC Drum.

Baca juga Printer 2D Dot Matrix – Kelebihan dan Kekurangannya

5. Penarik Kertas (Pickup roller , separation pad)

Roller & Separation Pad
Roller & Separation Pad

Dalam sebuah printer pasti diperlukan komponen yang bernama Penarik kertas (Roll kertas). 

Untuk Sparation Pad berfungsi sebagai pemisah kertas agar kertas yang ditarik pickup roller hanya 1 lembar saja.

6. Formatter

Formatter
Formatter

Selanjutnya ada Formatter , mempunyai kemampuan untuk membaca dokumen dan mengubahnya menjadi format digital atau istilahnya adalah scan.

Jika kamu membutuhkan jasa yang berkaitan dengan kebutuhan printer, seperti: Toner Cartridge, Wiper Blade, dll, kamu dapat membeli peralatan kamu di Indocart Store.

Indocart Store adalah one-stop solution untuk kebutuhan PT anda yang telah berdiri sejak tahun 2003. Produk yang disediakan Indocart terjamin dan bergaransi untuk memastikan kualitas printing kamu terjamin. Produk kami sudah terjual hampir 100.000 sejak kami membuka toko online kami. Dengan customer service kami yang nyaman dan ramah, kami memastikan printer kamu dapat dirawat dengan baik bersama kami.

Similar Posts