Mengenal Printer DTG

DTG Printer

Halo sobat Indocart.

Apakah kamu berminat untuk membuka bisnis sablon? Di kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai printer DTG (Direct to Garment ) nih.

Printer DTG yang kian naik daun saat ini, sudah banyak digunakan di Indonesia untuk kepentingan bisnis sablon digital yang lebih efektif dan efisien. Sudah bukan hal baru lagi jika printer DTG ini bekerja layaknya printer kertas pada umumnya, dimana tinta langsung menyemprotkan ke garmen atau kaos. Sedangkan, tinta yang digunakan printer DTG merupakan tinta khusus garment.

Nah. Dengan metode yang tidak konvensional, banyak orang kaget dengan hasil sablon DTG yang tajam dan halus. Tetapi ternyata banyak lagi loh manfaat dari Printer DTG.

Berikut adalah 10 manfaat dari printer DTG.

Pertama, Printer DTG Bisa Cetak Satuan.

Dengan fitur seperti ini, banyak orang menggunakan printer DTG untuk bisnis sablonnya. Jadinya, bagi kamu yang ingin mencetak kaos, kamu tidak perlu lagi kena minimum order.

Kedua, Printer DTG Bisa Cetak Tanpa Batas Warna. 

Printer DTG mampu mencetak file gambar desain tanpa memiliki batas warna cetakan seperti printer kertas biasa. Jika dibandingkan dengan sablon kaos manual proses sablon kaos menggunakan printer dtg bisa dikatakan lebih praktis.

Brother DTG Printer

Ketiga, Hasil Tidak Rontok Meski Dicuci Berkali-kali.

Hal ini sangat tergantung dari langkah-langkah yang perlu diambil mulai dari proses awal treatment sampai finishing dengan benar. Jika kamu mengikuti step ini dengan benar, maka baju kamu akan lebih awet. Oleh karena itu, jangan lupa mengikuti training menggunakan printer DTG ya. Oh ya! Gunakan deterjen matic dan suhu panas yang wajar saat menyetrika baju kamu yah!

Baca Juga : Printer Thermal dan fungsinya

Keempat, Hasil Gambar Halus dan Mengkilap.

Gambar yang dihasilkan dari printer DTG juga memiliki permukaan yang halus dan mengkilap. Hal ini karena proses treatment pada proses pencetakan printer DTG dan di press dengan dilapisi kain teflon, sehingga hasil cetakan DTG terlihat nampak glossy dan sangat halus, sehingga menarik perhatian banyak orang.

Kelima, Pengerjaannya Cepat

Durasi Pengerjaannya ±8 Menit Untuk Kaos Putih dan ±20 Menit Untuk Kaos Warna (Full A3). Printer DTG tidak membutuhkan durasi cetak yang lama. Dalam proses mengerjakan untuk kaos putih printer DTG hanya memerlukan kurang lebih 5-8menit per kaos, namun tergantung besar kecil desain. Semakin kecil desain yang dicetak semakin cepat proses sablon kaosnya.

Printer DTG memerlukan waktu lebih dari 8 menit untuk mencetak kaos warna. Hal ini karena file yang dicetak full color harus didasari tinta putih, agar hasil sablon sesuai dengan file. Kurang lebih waktu pencetakan ini bisa mencapai ±20menit.

Keenam, Bisa Cetak File 3D.

Printer DTG dapat mencetak gambar sesuai dengan desain aslinya, meskipun desain tersebut serumit apapun itu.

Ketujuh, Printer DTG Cepat Rusak Jika Jarang Dipakai.

Printer DTG yang jarang dipakai dan tidak di maintenance akan menyebabkan printer DTG cepat rusak. Hal yang fatal adalah printer DTG mati total atau head buntu.

Kedelapan, Printer DTG Sensitif Dengan Debu.

Printer DTG sangat sensitif dengan debu, dan kelembaban. Printer DTG perlu diletakkan ditempat yang bersih dengan suhu sekitar 18–27 derajat celcius, agar terhindar dari terjadinya tinta yang mudah mengering pada head printer. Hal ini dikarenakan printer yang jamuran pada permukaan head printer yang dapat menyebabkan penyumbatan.

Kesembilan, Lebih Banyak Konsumsi Tinta Putih Untuk Kaos Warna.

Jika print sablon DTG menggunakan kaos warna, printer ini akan lebih banyak menggunakan tinta putih. Hal ini karena tinta putih digunakan sebagai dasaran saat sablon kaos warna, agar desain yang tercetak diatas kaos warna bisa lebih bagus tanpa ada warna yang tenggelam atau warna desain yang serupa dengan warna kaos.

Kesepuluh, Tinta Warna 100ml Bisa Untuk 100 Kaos (Full A3).

Pada umumnya tinta warna isi 100ml bisa digunakan untuk cetak kaos sebanyak >100 kaos, sedangkan untuk tinta putih 100ml ±20 kaos.

Fakta-fakta unik seputar printer DTG ini penting untuk diketahui agar dapat menambah pengetahuan seputar printer ini. Semoga informasi ini bermanfaat yah.

Indocart Store adalah one-stop solution untuk kebutuhan Printer anda yang telah berdiri sejak tahun 2003. Produk yang disediakan Indocart terjamin dan bergaransi untuk memastikan kualitas printing kamu terjamin. Produk kami sudah terjual hampir 100.000 sejak kami membuka toko online kami. Dengan customer service kami yang nyaman dan ramah, kami memastikan printer kamu dapat dirawat dengan baik bersama kami.

Similar Posts