|

Elephant Foot dan Definisinya

Definisi Elephant Foot

Elephant foot adalah fenomena menyimpangnya bentuk model yang sudah di print dari desain. penyimpangan ini berupa melebarnya atau membesarnya model dari ukuran seharusnya. Elephant foot terjadi karena jarak antara nozzle dengan bed tidak sesuai dengan spesifikasi pengaturan lapisan, jarak bed dengan pengaturan memang tidak dapat diatur sempurna. Gambar berikut adalah ilustrasi elephant foot.

Elephant Foot

Terkadang saat mencetak tanpa rakit, Anda mungkin memperhatikan bahwa lapisan pertama sedikit lebih besar dari yang lainnya. Ini dikenal sebagai Elephant Foot.

Meskipun sebagian besar tidak terlihat dan tidak penting, kaki gajah dapat menimbulkan masalah besar saat mencetak objek untuk aplikasi praktis. Ini secara drastis mengurangi toleransi, membuatnya lebih sulit untuk menyatukan potongan-potongan.

Cacat ini sering muncul pada cetakan yang lebih besar, karena disebabkan oleh berat benda yang menekan lapisan pertama. Jika belum benar-benar dingin, berat ini menyebabkan penonjolan lapisan pertama.

Langkah- langkah untuk Mengatasi Elephant Foot

Hal baiknya adalah, ada cara sederhana untuk mencoba menyelesaikan masalah ini. Mulai dari menyesuaikan suhu pada bed hingga menambahkan support pada bed, dengan beberapa pilihan di antaranya, mari kita membahas berbagai trik untuk menghindari melihat cetakan Anda dengan kaki gajah.

Pengaturan untuk mencegah elephant foot dapat dilakukan dengan slicer Ultimaker CURA, pada bagian “Initial layer horizontal expansion”, dengan memasukan nilai negatif maka lapisan pertama dapat diperkecil sehingga saling menegasi antara kelebihan atau terlalu lebar, dan terlalu kecil.

Seperti yang telah kami jelaskan, elephant foot paling sering terjadi akibat lapisan pertama yang tidak didinginkan. Jika suhu bed terlalu tinggi atau jika pendinginan tidak mencukupi, lapisan pertama mungkin tidak mendingin dengan baik, menyebabkan elephant foot.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dicoba untuk mengurangi atau bahkan sepenuhnya mengatasi kaki gajah pada cetakan Anda:

Ratakan bed dan sesuaikan nozzle Anda:

Sebelum mencoba yang lain, pastikan kondisi pencetakan Anda ideal. Terkadang elephant foot hanyalah hasil dari pelat bangunan yang tidak rata atau ketinggian nozzle yang salah. Masalah-masalah ini menyebabkan lapisan pertama terjepit terlalu jauh ke bawah, memaksanya menonjol keluar. Untungnya, mudah diperbaiki, karena meratakan rangka dan sedikit menambah tinggi nozzle sederhana dan cepat.


Turunkan suhu Bed :

Turunkan suhu tempat tidur Anda secara bertahap sebesar 5 °C hingga berhasil mencetak tanpa ada tonjolan. Jika Anda menurunkannya lebih dari 20 °C di luar suhu yang disarankan dan masalahnya tidak kunjung membaik, elephant foot kemungkinan besar disebabkan oleh hal lain.

Mencetak dengan settingan raft:


Karena masalah ada di antara lapisan pertama dan alas, raft dapat membantu Anda. Ini bukan solusi dan lebih merupakan solusi, tetapi ini bisa sangat membantu jika, misalnya, Anda benar-benar membutuhkan satu bagian untuk dimasukkan ke bagian lain.

Baca Juga : Dampak Positif 3D Printer dalam Industri Manufaktur


Tambahkan chamfers ke model Anda:


Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, elephant foot bisa sangat sulit dihilangkan. Daripada mengutak-atik printer Anda, mungkin lebih mudah untuk mengubah modelnya saja. Dengan menempatkan chamfers kecil 45° di tepi bawah cetakan, efek elephant foot dapat dikurangi.


Periksa mur eksentrik pada sumbu Z:


masalah yang dapat menyebabkan sesuatu yang mirip dengan elephant foot adalah ekstrusi berlebihan di lapisan awal. Ini mungkin karena mur eksentrik pada sumbu Z terlalu kencang – terutama di sisi yang berlawanan dengan motor (dalam pengaturan batang Z tunggal) – yang dapat menyebabkan gantry tertinggal beberapa lapis.

Kami akan membahas banyak tentang 3D Printer tentang permasalahan yang anda terima saat ini. Pastikan untuk tetap menunggu artikel baru dari IndoCart. Karena IndoCart menyediakan kebutuhan Printer anda!

Similar Posts