|

Overhang dalam percetakan 3D

Overhang dalam percetakan 3D terjadi ketika benda kerja memiliki bagian yang miring seperti pohon yang berpegangan pada bagian lain. Overhang dan bridging dapat diilustrasikan dan dibedakan dengan gambar dibawah ini

bagian yang menggantung ini dapat gagal print ketika melebihi kekuatan kohesi filamen, menghasilkan filamen yang menggantung terjatuh kebawah.kemampuan overhang ditentukan berdasarkan sudut kemiringan seperti pada gambar ilustrasi diatas dengan simbol (A). Gambar dibawah ini adalah hasil uji overhang menggunakan printer CR6-SE, dengan filamen PLA+ dari SUNLU, Pengaturan yang digunakan pada 195*C.

Baca juga : Sejarah 3D Printer

pada percobaan ini, sudut kemiringan maksimal yang diperoleh yaitu pada 25* terhadap sumbu X atau datar, yang artinya A = 90-25 menjadi 65 derajat.

Overhang muncul dari pendekatan lapis demi lapis yang umum dalam pencetakan 3D. Di sinilah hal-hal bisa menjadi berantakan: Beberapa plastik meluas ke udara tipis, dan gravitasi akan mulai menariknya ke bawah. Bergantung pada sudut kemiringan yang dicetak, kita dapat mengkarakterisasi overhang sebagai dapat dicetak atau ekstrim.

Aturan 45° adalah cara praktis untuk memahami overhang. Aturan ini menyatakan bahwa kemiringan kurang dari atau sama dengan 45° dapat dicetak dengan rapi; apa pun yang lebih curam mungkin memerlukan dukungan. Dukungan tidak ideal, karena dapat merusak cetakan, menambah kerumitan, waktu cetak, dan konsumsi bahan, serta bahkan membatasi geometri yang dapat dicetak (mis. rongga internal).

Sebelum mengoptimalkan pengaturan overhang Anda, pertama-tama Anda harus mengoptimalkan operasi printer dan pengaturan cetak Anda. Ini akan memberi Anda fondasi yang andal untuk membuat overhang Anda benar.

Sebagai permulaan, pastikan printer 3D Anda dikalibrasi dengan benar. Anda dapat merujuk ke panduan khusus kami tentang kalibrasi ekstruder dan kalibrasi printer lengkap.

Dalam panduan kalibrasi printer, Anda juga akan menemukan langkah-langkah untuk menyesuaikan pengaturan bahan dasar. Kami akan membahas banyak tentang 3D Printer tentang permasalahan yang anda terima saat ini. Pastikan untuk tetap menunggu artikel baru dari IndoCart. Karena IndoCart menyediakan kebutuhan Printer anda!

Terima kasih.

Similar Posts